ASSALAMUALAIKUM

Jumat, 26 November 2010

herymembuat model pembelajaran

MODEL PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL



Diajukan Untuk memenuhi Tugas Mata Kuliah
“ Strategi Pembelajaran “


Dosen Pengampu : Drs. H. Choirul Fatta, M.Pd.I






Disusun Oleh :

HERI SUSANTO
Fakultas Tarbiyah

Jurusan PAI 5B


INSTITUT AGAMA ISLAM SUNAN GIRI

(INSURI) PONOROGO

2010





PEMBAHASAN TENTANG METODE TATACARA SHOLAT
1.Arti sholat
Arti shalat secara bahasa adalah doa atau rahmat, Kata “Shalat” berasal dari bahasa Arab, yang secara istilah adalah suatu tindakan khusus memuliakan Allah yang berisikan perkataan-perkataan (aqwal) dan perbuatan-perbuatan (af’al) yang dimulai dengan takbit dan diakhiri dengan salam, berdasarkan syarat-syarat dan rukun-rukun tertentu.

Dalam mengerjakan shalat ini, tentunya kita harus megikuti tata cara sebagaimana tata cara rasulullah saw shalat. Rasulullah saw bersabda, "Shalatlah kalian sesuai dengan apa yang kalian lihat aku mempraktikkannya". (HR Bukhari-Muslim)

2.LANGKAH-LANGKAH PENGUNAAN METODE AUDIOVISUAL

a). Guru mempersiapkan alat-alat pembelajaran yang berupa cd,lcd.tv atau alat yang lain
b). Guru memberika bimbingan agar anak-anak memperhatikan dan memgamati video yang disajikan
c). Setelah anak melihat vidio tersebut maka guru memberikan suatu tugas agar anak-anak membaca berulanh ulang bacan sholat dan menghafalakan gerakanya
d). Setelah anak sudah ada yang hafal lalu guru membagi kelompok belajara dengan membagi tiga-tiga ank untuk maju dan mempraktekkan gerakan dan bacan sholat
e). Setelah itu guru memutar kembali vidio tata cara sholat agar anak didik bias membandingkan gerakan yang ada dividio dengan praktek yang dilakukanya

3.KELEBIHAN METODE AUDIOVISUSL
a).Anak akan merasa tertarik dengan gambar yang disajikan dan berusaha malakukanya sesuai gerakan dan bacannya.
b). Metode ini akan memudahkan guru karena pada dasarnya anak didik suka dengan permainan maka metode audio visul ini akan menghemat waktu pembelajaran sehingga guru tidak bertelele menjelaskan materi pelajaran
c). Metode ini akan manjadiakan murid lebih aktif dan inovatif sehigga anak meras dihargai dalam dunianya
d). Materi tata cara sholat ini akan mambuat pelajaran lebih simple dan inovatif

4.KELEMAHAN METODE INI
a). Guru harus mempersiapkan alat-alat pembelajaran yang berupa cd lcd atau tv atau perangkat yang lain
b). Susanya apabila seorang guru tidak memiliki bahan pelajaran tersebut
c). kurangnya ada kesadaran dalam diri guru untuk membuat model pembelajran yang kreatif dan inovatif
d). Kemapuan anak didik yang berbeda-beda juga menghambat proses penerapan model pembelajaran
f). Model ini memerlukan dana yang banyak untuk menyediakan alat-alat penbelajaran pembelajaran



5.CARA-CARA MENGATASI KELEMAHAN MODEL INI
a). Guru harus mampu mengolah model pembelajaran yang inovatif
b). Guru harus memiliki komitmen yang kuat untuk mencerdaskan anak didik
c). Perlunya agaran yang besar untuk meningkatkan alat peraga pembelajaran
d). Guru seharusnya tidak membeda-bedakan kemapuan anak didik sehingga merasa anak sendiri

6.SUMBER SUMBER MODEL PEMBELAJARAN

1. www.AnneAhira.com
2. Nama "Anne Ahira" dilindungi oleh Direktorat Jendral HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) Republik Indonesia No.Agenda J00-2007027969
3. www.kastari-animation.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar