PENGEMBANGAN RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Untuk Memenuhi Tugas Tersruktur
Mata Kuliah MPDP Al-Qur’an

Di susun oleh :
Kelompok II
Ø HERY.SUSANTO
Dosen Pengampu :
Moh. ASVIN ABDURRAHMAN.M.Pd.I
FAKULTAS : TARBIYAH
JURUSAN : PAI
SEMESTER : 05 B
INSTITUT AGAMA ISLAM SUNAN GIRI
(INSURI) PONOROGO
2010
i
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Alhamdulillah, Segala puji dan syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT. Karena berkat rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan Tugas MPDP Al-Qur’an dan Tafsir ini.
Pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dan teman – teman yang telah telah membantu terselesaikannya tugas atau makalah ini, dan ucapan terima kasih kami haturkan khusus kepada Bapak Asvin Abdurrahman M.Pd.I selaku dosen mata kuliah MPDP Al-Qur’an dan Tafsir.
Semoga amal ibadah yang mereka relakan demi terselesaikankannya penulisan makalah ini, di terima Allah SWT dan mendapat balasan setimpal … Amin.
Apabila ada kurang lebihnya dalam penulisan ini kami mohon ma’af
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Ponorogo, 7 Oktober 2010
Penulis
ii
DAFTAR ISI
Halaman Judul …………………………………………………………… i
Kata pengantar …………………………………………………………... iii
Daftar isi ………………………………………………………………….. iv
BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah ……………………………..
B. Rumusan Masalah ……………………………………
C. Tujuan ………………………………………………..
BAB II : PEMBAHASAN
A. Pengertian RPP ………………………………………
B. Komponen RPP ……………………………………...
C. Contoh Langkah Penyusunan RPP ………………….
BAB III : PENUTUP
A. Kesimpulan ………………………………………….
B. Saran ………………………………………………...
Daftar Pustaka …………………………………………………………...iii
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan adalah Peranan sangat penting dalam kehidupan manusia guna untuk mencapai suatu tujuan. Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pebelajaran agar peserta secara aktif engembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengandalian diri, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan diperlukan dirinya dan masyarakat.
Pendidikan juga memiliki peranan yang sangat strategis dalam membangun suatu masyarakat melalui pendidikan suatu bangsa dapat mengembangkan masyarakatnya menjadi masyarakat dan bangsa yang maju. Karena melalui pendidikan akan dapat di kembangkan sumber daya yang di kembangkannya untuk menunjang hal itu, tentu tidak lepas dari keeksistensian guru. Dalam suatu masyarakat atau lembaga pendidikan peran guru sangat di butuhkan, terutama dalam hal mengoptimalkan adanya suatu pendidikan yang menyangkut tetang pembelajaran. Dan demi tercapainya belajar mengajar yang interaktif. Inspriratif maka setiap guru pada satuan pendidikan harus mempunyai RPP agar guru bisa menerapkan pembelajaran secara terpogram , menanggapi berbagai hal tersebut di atas maka dalam makalah ini penulis akan menjelaskan pengertian RPP serta komonen – komponen yang terkandung dalam RPP.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut maka pemakalah menentukan rumusan masalah sebagai berikut :
a. Apakah pengertian dari RPP ?
b. Komponen – komponen apa yang terdapat dalam RPP ?
c. Bagaimana contoh langkah penyusunan RPP
1
C. Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah yang telah di sebutkan maka tujuan penulisan makalah ini adalah :
a. Untuk mengetahui apa pengertian dari RPP
b. Untuk mengetahui komponen – komponen yang terdaat dalam RPP
c. Untuk mengetahui contoh cara pembuatan RPP
2
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian RPP
Rencana Pelaksanaan Pelaksanaan ( RPP ) adalah Rancangan pembelajaran mata pelajaran per unit yang akan di terapkan guru dalam pembelajaran di kelas.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) adalah Rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasaian pembelajaran untuk mencapai satu kompetisi dasar yang di tetapkan dalam standar isi dan di jabarkan dalam syllabus.
RPP di jabarkan dari syllabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD. Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara Interaktif, Inspiratif,menyenangkan, menantang, memotivasi peserata didik untuk berpartisipasi aktif, Serta memberian ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta spikologis peserta didik RPP. Di susun untuk setiap KD yang dapat di laksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 41 tahun 2007 tentang standar proses, disebutkan bahwa RPP meliputi beberapa komponen berikut
1. Identitas Mata Pelajaran
2. Standar Kompetensi ( SK )
3. Kompetensi Dasar ( KD )
4. Indikator Pencapaian Kompetensi
5. Tujuan Pembelajaran
6. Materi Ajar
7. Alokasi Waktu
8. Strategi Pembelajaran
3
9. Kegiatan Pembelajaran
Meliputi : a. Pendahuluan
b. Inti
c. Penutup
10. Penilaian Hasil Belajar
11. Sumber Belajar
B. Komponen RPP
Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 41 Tahun 2007 tentang standar proses, di sebutkan bahwa RPP meliputi beberapa komponen
1. Identitas mata pelajaran, meliputi : Satuan pendidikan, kelas, semester, program atau program keahlian, mata pelajaran atau tema pelajaran.
2. Standar kompetensi ( SK ). Standar kompetensi merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan sikap dan ketrampilan yang diharapkan di capai pada setiap kelas dan atau semester pada suatu mata pelajaran.
3. Kompetensi Dasar ( SD ) adalah Seuah kemampuan yang harus di kuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indicator kompetensi dalam suatu pelajaran.
4. Indikator pencapaian kompetensi. Indikator Kompetensi adalah perilaku yang dapat di ukur atau di observasi untuk menunjukkan tercapainya kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran.
5. Tujuan pembelajaran : Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang di harapkan di capai oleh peserta didik sesuai yang kompetensi dasar.
6. Materi Ajar. Materi ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan di tulis dalam bentuk butir – butir sesuai dengan rumusan indicator pencapaian kompetensi.
4
7. Strategi Pembelajaran. Strategi Alokasi Waktu. Alokasi waktu di tentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar.
8. pembelajaran di gunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai kompoetensi dasar atau seperangkat indicator yang telah di tetapkan
9. Kegiata Pembelajaran.
meliputi a. Pendahuluan
b. Inti. Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD.
c. Penutup ( kegiatan untuk mengakhiri aktivitas )
10. Penilaian Hasil Belajar
11. Sumber Belajar
C. Langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
MATA PELAJARAN - AL-QUR’AN - HADITS
KELAS / SEMESTER - XI / 1 MADRASAH ALIYAH
PERTEMUAN KE - 1
ALOKASI WAKTU - 2 Jam pelajaran ( 2 X 45 MENIT )
STANDAR KOMPETENSI - Memahami ayat – ayat
KOMPETENSI DASAR -
INDIKATOR -
I. TUJUAN PEMBELAJARAN -
II. MATERI AJAR -
III. METODA PEMBELAJARAN :
IV. LANGKAH – LANGKAH -
A. KEGIATAN AWAL -
B. KEGIATAN INTI -
Tidak ada komentar:
Posting Komentar