ASSALAMUALAIKUM

Kamis, 11 November 2010

MODEL PEMBELAJAR


MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT



Diajukan Untuk memenuhi Tugas Mata Kuliah
“  Strategi Pembelajaran “


Dosen Pengampu : Drs. H. Choirul Fatta, M.Pd.I






Disusun Oleh :

HERI SUSANTO


Fakultas Tarbiyah

Jurusan PAI 5B





INSTITUT AGAMA ISLAM SUNAN GIRI

(INSURI) PONOROGO

2010


MODEL  PEMBELAJARAN CARD SORT

A.    Pengertian  Model Pembelajaran Card Sort
Model pembelajaran card sort adalah suatu model pembelajaran yang mengajak siswa untuk belajar aktif dan bertujuan agar siswa mempunyai jiwa kemandirian dalam belajar serta menumbuhkan daya kreatifitas sehingga membuat inovasi – inovasi.
Model pembelajaran card sort ini merupakan kegiatan kolaboratif yang bisa digunakan untuk menganjurkan konsep, penggolongan sifat, fakta tentang suatu objek, atau mengulangi informasi. Gerakan fisik yang diutamakan dapat membantu untuk memberi energi kepada kelas yang telah dilatih.

B.     Langkah – Langkah Model Pembelajaran Card Sort
1.      Berilah masing – masing peserta didik kartu indeks yang berisi informasi atau contoh yang cocok dengan satu atau lebih kategori.
2.      Mintalah peserta didik untuk berusaha nencari temannya diruang kelas dan menemukan orang yang memilki kartu dengan kategori yang sama.
3.      Biarkan peseta didik dengan kartu kategori yang sama menyajikan sendiri kepada orang lain.
4.      Selagi masing - masing kategori dipresentasikan, buatlah beberapa poin mengajar yang anda rasa penting.

C.    Kelebihan Model Pembelajaran Card Sort
1.      Dapat membantu mengarahkan siswa yang merasa penat tehadap pelajaran yang telah diberikan.
2.      Dapat membina siswa untuk bekerja sama dan mengembangkan sikap saling menghargai pendapat.
3.      Pelaksanaannya sangat sederhana dan siswa mudah dalam mengelompokkan kata yang sama sehingga mudah dalam memahami mata pelajaran.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar